Unit

a. Pembuatan Mailing List

Mailing list (milis) dapat dibuat untuk kepentingan kegiatan belajar-mengajar, menunjang kelancaran komunikasi di unit, kelompok kerja, atau kepanitiaan.
Tersedia fasilitas program mailman untuk memudahkan administrasi mailing list.
Permohonan pembuatan milis dapat dilakukan dengan mengikuti peraturan yang berlaku dengan mengirimkan e-mail ke puskom@petra.ac.id dengan menginformasikan:
-  Nama mailing list
-  Masa Aktif (permanen atau bila ada batas waktu harap disebutkan tanggal berlaku mailing list)
-  Penanggung jawab /moderator (Nama, NIP, e-mail, Unit, Telp. ext )
-  Keterangan Peruntukan

Bila milis sudah tidak digunakan lagi, penanggung jawab milis diwajibkan untuk menginformasikan ke Puskom dengan mengirimkan e-mail ke puskom@petra.ac.id.
Untuk keterangan lebih lanjut silakan menghubungi divisi Jaringan di pswt. 3311.

 

b. Domain Name

Permohonan Domain Name dilakukan dengan mengirimkan e-mail ke puskom.petra.ac.id dengan menyertakan informasi :
-  Nama Domain
-  Masa Aktif (permanen atau sementara. Bila sementara mohon disebutkan tanggal berakhirnya)
-  Sifat Koneksi: internet (bisa diakses dari luar UKP) atau intranet (tidak bisa diakses dari luar UKP)
-  Database: bila memerlukan database mohon diinformasikan nama database yang dikehendaki
-  Pengelola : Nama, NIP, e-mail, unit, telp. ext., mobile phone
-  Keterangan peruntukan

Penanggung Jawab domain name adalah Kepala unit

 

c. Peminjaman Laboratorium Komputer

Peminjaman Laboratorium Komputer di Pusat Komputer dibagi menjadi 2 macam yaitu peminjaman Laboratorium untuk kegiatan perkuliahan selama 1 semester (khusus Unit Akademik) dan peminjaman harian (insidentil).
Permohonan peminjaman Laboratorium Komputer dapat dilakukan dengan mengisi form peminjaman laboratorium dengan mengikuti prosedur dan peraturan yang berlaku.
-  Klik di sini untuk peminjaman Lab selama 1 semester
-  Klik di sini untuk peminjaman Lab harian

Catatan:

Untuk mendukung kelancaran Kegiatan Belajar Mengajar dan menjaga stabilitas software yang digunakan, maka Puskom melakukan instalasi software hanya pada awal semester, maksimal sampai dengan batas akhir PRS 1. Setelah PRS 1, Puskom tidak lagi menerima permintaan untuk instalasi software.

Untuk peminjaman insidentil, bila membutuhkan software yang tidak terdapat di Lab. Puskom:

  • Hanya dimungkinkan untuk dijadualkan di Lab. T-A. Untuk itu terlebih dahulu cek  ketersediaan Lab. T-A pada tanggal yang dimaksudkan.
  • ­Pengguna menyediakan sendiri software yang dibutuhkan, dan ikut mengawasi saat instalasi untuk memastikan software berjalan dengan baik.
  • Pemesanan  dilakukan paling lambat 3 (tiga) hari sebelum tanggal pelaksanaan.

Untuk keterangan lebih lanjut dipersilakan menghubungi Koordinator Operasional Kelas di Puskom gedung Radius Prawiro lt. 4 pswt. 3314.

 

d. Peminjaman LCD/Laptop

Disediakan bagi Jurusan/Unit yang membutuhkan LCD, Laptop dan peralatan komputer lainnya untuk kepentingan dinas UK Petra, dengan prioritas untuk kegiatan belajar mengajar. Pengajuan peminjaman dilakukan secara online dengan mengisi e-form dan mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku. Dapat terpenuhi/tidaknya permintaan akan diinformasikan melalui e-mail.

- Klik di sini untuk mengisi Form Peminjaman Laptop dan LCD.

Peminjaman peralatan komputer lainnya dapat dilakukan dengan mengirimkan e-mail ke Pusat Komputer (puskom@petra.ac.id) melalui Official Account atau e-mail Unit.

Untuk Lembaga Kemahasiswaan, peminjaman dilakukan dengan menulis surat permohonan kepada Kepala Puskom dengan diketahui oleh Unit Induknya.

Untuk keterangan lebih lanjut dipersilakan menghubungi Koordinator Operasional Kelas di pswt. 3314.

 

e. Perbaikan Komputer dan Jaringan

Pusat Komputer melayani pemeliharaan dan perbaikan perangkat keras maupun jaringan bagi Jurusan / Unit yang ada di UK Petra.

  • Permintaan perbaikan perangkat keras dapat dilakukan melalui telepon ke pswt. 3315 atau dengan membawa langsung perangkat yang rusak ke divisi Perangkat Keras/Hardware Pusat Komputer Ged.W lantai 4. Klik di sini untuk mengetahui proses perangkat keras yang sedang dalam perbaikan.
  • Pelaporan masalah pada jaringan dapat dilakukan melalui telepon ke pswt. 3311

 

f. Informasi Data Inventaris Perangkat Keras Unit

Dapat di akses melalui http://inv-it.petra.ac.id. Login dengan menggunakan e-mail account unit (misal: puskom, baa, hotel).

 

g. Penggantian Perangkat Keras yang Rusak

Puskom melayani penggantian langsung perangkat keras milik Unit yang rusak yang berupa:
- Mouse
- Keyboard
- Monitor
- Harddisk
- Optical Disk Drive (misal : DVD-ROM, DVD-RW, dsb)
- Floppy Disk Drive
- Memory
- Power supply

dengan mengikuti prosedur yang berlaku.

Selain yang tersebut diatas penggantian diajukan Unit melalui Anggaran Pengembangan.
Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi Koordinator Inventaris di pswt. 3312

 


Copyright © 2007-2014 - Computer Center Petra Christian University